YANG HARUS DIHINDARI DALAM BETERNAK KELINCI

Selamat datang kembali di blogkelinci ini, terimakasih Anda senantiasa berkunjung dan telah membaca postingan sebelumnya tentang kelinci seperti :
--------------------------------------------------------------------------------------------------------------

YANG HARUS DIHINDARI DALAM BETERNAK KELINCI 


Sobat kelinci apakan anda peternak pemula dalam dunia perkelincian? Wah kalo iya saya rasa para sobat kelinci cocok nyimak informasi yang akan saya sharing di sini. Dan kalo sobat kelinci dah malang melintang atau dah jadi suhu di dunia perkelincian tidak ada salahnya kok ikutan di sini nambahin atau mengkoreksi tulisan saya yang apa adanya ini.

Sudah sangat wajar jika kita mau memelihara binatang atau ternak kelinci, kita akan mengumpulkan banyak informasi. Termasuk juga jika anda akan melakukan kegiatan ternak kelinci yang nantinya bisa diambil manfaatnya.

Kebanyakan para calon peternak kelinci ini membutuhkan informasi bagaimana..?bagaimana..dan bagaimana? Hal ini tidak salah, karena itu merupakan informasi yang dibutuhkan, tapi yang tidak kalah pentingnya adalah hal apa saja yang harus di hindari saatternak kelinci.

Ini adalah beberapa poin yang harus dihindari jika sobat sekalian ternak kelinci:

  • Jangan memilih bibit atau indukan yang kurang sehat, karena hal ini akan mempengaruhi anakannya nanti.
  • Jangan membeli bibit kelinci yang umurnya di bawah 3 bulan, hal ini dikarenakan anakan kelinci masih sangat tergantung pada induknya, jika terpaksa atau dah kadung jatuh cinta pada anakan kelinci, so sebaiknya sobat membeli sekalian dengan induknya.
  • Jangan memberikan makanan sayuran atau hijauan yang masih segar, usahakan dilayukan terlebih dulu, hal ini dilakukan agar kadar air dalam sayuran berkurang, sehingga menghindari resiko mencret.
  • Jangan memberikan ternak kelinci anda hanya hijauan, memang kelinci adalah herbivore, tapi mereka juga butuh bijian, karbohidrat, vitamin, dll yang sama dengan anda, langkah paling mudah adalah dengan memberikan kelinci anda makanan olahan.
  • Jika anda membeli bibit sepasang, jangan menaruh dalam satu kandang, hal ini untuk menghindari perasaan kelinci, jangan sampai ada rasa saudara, sehingga gairah seks atau keinginan untuk kawin menurun.
  • Jangan meletakkan kelinci dihalaman tanpa ada tempat berteduh.
  • Jangan sampai kandang kelinci anda kosong makanan, hal ini karena kelinci sering ngemil.

Nah itu dulu ya sobat, jika ada informasi yang kurang silahkan ditambahkan