BAHAN PENGGANTI SUSU BAYI KELINCI

Berkelinci blog sudah banyak memposting artikel-artikel seputar memelihara kelinci dan tips usaha beternak kelinci yaitu seperti :
Sebahagian artikel-artikel diatas adalah artikel-artikel yang kami sarikan dari koran-koran dan majalah peternakan serta dari search google, kami mohon maaf apabila kelupaan mencantumkan sumber atau kesalahan sumber yang kami cantumkan di blog ini.
berkelinci
BAHAN PENGGANTI SUSU BAYI KELINCI


Kondisi ini akan terasa tatkala ada kelinci kita yang beranak tetapi induknya tidak mau menyusui bayinya bisa karena kondisi stress, baru belajar beranak atau air susu induk tidak keluar, bisa juga karena induknya mati.

Banyak dilakukan uji coba dengan mencoba susu formula bayi low lactosa tetapi bayi kelinci hanya bisa bertahan dalam beberapa hari saja bahkan ada yang menderita diare.
Berikut susu pengganti yang dapat dibuat sendiri




Bahan:
- Susu Kambing ( Kambing etawa kalau ada lebih bagus, sekarang banyak dijual dalam bentuk bubuk)
- Susu formula Bayi (Low Lactosa, biasa utk 0 - 6 bulan )
- Whipped cream (optional)

Campurkan susu bayi dan susu kambing dengan perbandingan 1:1, bisa juga ditambahkan whipped cream (jika ada). Sebelum dicampurkan susu bayi, susu kambing dimasak terlebih dajulu hingga mendidih lalu dinginkan Kemudian campurkan susu bayi lalu aduk hingga rata.
Sediaan susu sudah siap digunakan dan masukkan dalam botol kedap udara untuk memudahkan penggunaan berikutnya, simpan dalam lemari pendingin.

Cara pemakaian : Campuran susu bisa kita ambil menggunakan alat bantu spuit/syringe . Pegang bayi kelinci (usahakan kepala lebih tinggi) lalu susui hingga perutnya terlihat penuh. Kadang-kadang, bayi kelinci minum dengan cepat sehingga tersedak. Jika itu terjadi,pegang bayi lalu tepuk-tepuk punggungnya dengan jari tengah anda secara perlahan. Berikan waktu hingga ia bernafas normal kembali.



Susu kelinci memiliki kandungan yang sangat kaya akan nutrisi, sehingga tidak mungkin tergantikan dengan susu lain. Hindari mengganti susu kelinci dengan susu untuk hewan lain seperti susu khusus anjing.

Melalui berbagai macam percobaan, diketahui bahwa campuran susu kambing dan susu formula low lactosa inilah yang terbaik untuk bayi kelinci sebagai pengganti susu kelinci dalam keadaan darurat. Kadang ada anak kelinci yang alergi terhadap salah satu bahan (biasanya alergi dari susu formula bayi), sehingga mengakibatkan bulu rontok. Jangan khawatir karena bulu tersebut akan tumbuh kembali. Yang perlu kita lakukan adalah membuat mereka hangat. 

Anda harus tetap memberikan mereka rumput kering atau jerami setiap hari untuk membantu menghangatkan tubuh mereka dan sebagai makanan mereka tatkala mereka cukup umur untukmemakannya.